Rabu, 09 Desember 2009

Pelayanan Perizinan BPN Hambat Investasi Kabupaten



 
PURWAKARTA, RAKA - Kendala pemeringkatan kualitas pelayanan investasi yang diukur dari dua aspek inti yaitu perizinan usaha dan sistem informasi di Purwakarta masih terkendala oleh beberapa aspek. Salah satunya, lambannya kinerja BPN (Badan Pertanahan Nasional ) Purwakarta.  

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada sejumlah wartawan usai menerima penghargaan Invesment Award 2009 di BKPM, Rabu (9/12) kemarin siang. Menurut Dedi, kinerja BPN yang masih relatif lamban tersebut dinilai semisal dari proses perijinan.


" Kita buka saja hari ini, satu kendala dalam meningkatkan pelayanan investasi diantaranya dari pihak BPN. Dimana, hal itu muncul seperti dalam proses perijinan yang masih relatif lama," kata Dedi.


Meskidemikian, lanjut Dedi, dengan dianugerahinya kab Purwakarta sebagai pemenang pertama Invesment Award 2009 kemudian pihak BPN dapat bekerja sama lebih optimal dengan pihak pemkab untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan.


" Mudah-mudahan saja BPN bisa merespon dengan dinobatkannya Purwakarta sebagai peraih terbaik invesment award 2009. Dan kemudian melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan apa yang digulirkan pihak kami," kata bupati.


Kepala BPMPTSP Purwakarta, Nana Narasa, mengatakan, proses pelayanan yang terkendala itu diantaranya muncul dari ketidakterbukaan pihak BPN dalam melakukan pelayanan. " Misalnya saja, BPN tidak memberikan standar baku (inventarisasi pelayanan) dari layanan yang mereka berikan pada setiap aspek, dalam artian kurang transparan," ucap Nana.


Nana menyebut, terkait hal ini sinergitas pihak Pemkab dan BPN masih sulit untuk diselaraskan lantaran BPN merupakan lembaga yang bukan berada di bawah otoritas pemkab Purwakarta. " Meskidemikian kami mengharapkan pihak BPN Purwakarta dapat merespon prestasi yang sudah kita raih sekarang, sehingga ke depan apa yang diharapkan pemerintah daerah pun bisa berjalan sebagaimana mestinya," kata Nana.


Dibagian lain, Bupati Dedi menyebut kualitas pelayanan investasi yang diukur dari dua aspek inti yaitu perizinan usaha dan sistem informasi kemudian juga selanjutnya dapat diserap para investor yang hendak menanamkan modalnya di Kab Purwakarta. " Artinya dengan hal itu pun, para investor itu tak perlu lagi melalui 'guide' saat berminat untuk menanamkan modalnya di Purwakarta. Cukup dengan e-mail atau sms layanan maupun melalui staf pembatu maka pihak kami pun akan langsung meresponnya dalam waktu yang relatif lebih singkat dan cepat serta tidak berbelit-belit," terangnya.(rif)


Akses email lebih cepat.
Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)


0 komentar:

pengunjung