Senin, 13 April 2009

CPNS Susulan Tunggu Keputusan Pusat



PURWAKARTA,RAKA-Isu kembali digelarnya CPNS susulan April ini dipatahkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purwakarta. Kepastian pelaksanaan CPNS masih tunggu instruksi pusat.

"Belum ada informasi terkait CPNS susulan di Purwakarta dari pusat tahun ini. Kepastiannya tergantung bagaimana pusat,"kata Kepala Kantor Badan Kepegawaian Daerah, Purwakarta, Zainal Arifin, kepada RAKA diruang kerjanya, Senin (13/4).

Menurut Arifin, program CPNS adalah murni program nasional dan bukan program daerah. Setiap daerah, lanjutnya, tak memiliki kewenangan untuk merencanakan pelaksanaan penerimaan maupun pengangkatan. Karenanya, setiap kebijakan terkait hal itu daerah sepenuhnya masih akan mengikuti kebijakan pusat.

"Tugas kita di daerah hanya mengusulkan saja. Sejauh ini, kita tengah dalam masa persiapan, namun untuk usulan ke pusat belum kami lakukan,"tukasnya.

Ditegaskan Arifin, terkait rencana penerimaan CPNS, BKD mennyatakan akan memberikan pengumuman resmi bila rencana itu jadi digelar tahun ini. Masyarakat, diminta tidak mempercayai info-info pinggiran yang belum jelas.

"Kalaupun ada, semuanya pasti digelar secara serempak diseluruh daerah. Dan kami akan umumkan secara resmi,"tegasnya.

Sementara, berbicara masalah pra jabatan CPNS Purwakarta, Arifin menerangkan, hingga kemarin pelaksanaan prajab sudah dilangsungkan selama dua kali tahapan. Kesempatan itu, diberlakukan bagi formasi CPNS 2006 dan 2007, sedangkan bagi formasi 2008, BKD baru akan menggelarnya tahun depan.

"Dari jadwal, prajab akan dilangsungkan dalam lima gelombang. Setiap gelombang masing-masing diikuti 100 orang. Lama waktu prajab sendiri sampai 14 hari. Pelaksanaan untuk tiap bidang (teknis,kesehatan, guru) digabung, "jelasnya.

Sebagai catatan, sebelumnya Pemkab Purwakarta Februari lalu sudah mengangkat sebanyak 339 orang CPNSD formasi tahun 2008. Pengangkatan CPNSD tersebut berasal dari tenaga Honorer yang memenuhi syarat dan telah mendapatkan nota persetujuan kepala BKN, selain telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Purwakarta Nomor 813/Kep.55-BKD/2009 tentang Pengangkatan CPNSD tahun 2008 yang terdiri Gol I sebanyak 45 Orang, Gol II 258 Orang dan Gol III 36 orang. (rif)


0 komentar:

pengunjung