Minggu, 10 Januari 2010

PRAJABATAN, Rp25 Ribu Untuk Berkas dan Cinderamata



PURWAKARTA, RAKA - Kabid Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purwakarta Nani Mardiani membenarkan adanya dana partisipasi sebesar Rp 25 ribu per satu peserta dalam kegiatan prajabatan pegawai yang dilangsungkan BKD Purwakarta belum lama ini. Dana yang diberikan dari sekira 600 peserta itu digunakan untuk keperluan berkas peserta selain cinderamata.

"Itu bukan pungutan tapi cuma partisipasi yang didasari kesepakatan para peserta untuk keperluan berkas prajab seperti sampul dan copy berkas. Lainnya, untuk ungkapan terimakasih pada penyelenggara yang kami sampaikan dengan paket barang berupa guci," kata Nani Mardiani dikantornya akhir pekan kemarin.

Nani menyebut bila dana partisipasi itu diluar alokasi anggaran pelaksanaan prajabatan masing-masing peserta sebesar Rp 3.200.000 yang diplot pemerintah daerah. Karenanya, tambah dia, anggaran untuk semacam ini tidak termasuk dalam DPA kegiatan. Selain itu, disampaikan juga bila hal semacam ini pun dilakukan dalam kegiatan prajab di kabupaten lain di Jawa Barat.

"Malahan dikabupaten lain sampai Rp1,2 juta. Ini kan kesepakatan para peserta sebagai ungkapan syukur setelah usai melangsungkan prajab yang dilangsungkan lumayan lama atau istilahnya Hablumminanas saja," sebut Nani.

Menjawab pertanyaan, Nani menolak bila kaitan dana partisipasi itu disebut sebagai pungutan. Ia juga menepis informasi mengenai jumlah partisipasi yang disebut-sebut mencapai Rp40 ribu per peserta.

"Itu salah. Tidak ada pungutaan dalam kegiatan prajab tersebut lantaran memang hal itu adalah kemauan para peserta sendiri. Besarannya juga tidak sampai Rp40 ribu hanya Rp25 ribu," kata Nani.

Dijelaskan dia, besaran uang partisipasi itu keseluruhannya digunakan antara lain untuk keperluan copy berkas 10 lembar bolak-balik @Rp 10 ribu dan cindera mata paket guci @Rp 15 ribu dengan harga paket guci @Rp500 ribu untuk beberapa penyelenggara diantaranya BKKBN dan pihak hotel.

"Penggunaan dana partisipasi itu semunya dihandle para peserta sendiri bukan oleh kami," ucap Nani.(rif)


Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)


0 komentar:

pengunjung