Selasa, 02 Februari 2010

Selasa, Pengunjung Waduk Jatiluhur Lebih Sepi



 
LEBIH SEPI : Diluar waktu akhir pekan dan musim liburan, jumlah pengunjung di objek wisata bendungan Jatiluhur Purwakarta lebih sepi. Seperti dalam gambar, (2/2) kemarin hanya tampak beberapa pengunjung saja yang tengah menikmati wisata bendungan Jatiluhur.(rif)


PURWAKARTA, RAKA - Waduk Ir.H. Djuanda di Kabupaten Purwakarta selalu menjadi magnet bagi wisatawan. Utamanya yang berminat pada jenis wisata air dan panorama alam. Tak heran, dalam sehari pengunjung bisa mencapai ratusan lebih. Jumlah ini tidak termasuk pengunjung luar domestik.  

Hal tersebut berlangsung hampir sepekan penuh. Namun, dari tujuh hari yang ada, hampir tiap hari Selasa jumlah pengunjung selalu berkurang dibanding hari-hari lainnya.

Pantauan RAKA kemarin (2/2), di sekitar areal wisata Bendungan Ir H.Djuanda hanya tampak beberapa pengunjung. Padahal biasanya pengunjung yang datang dengan aneka tempat asal se Jawa Barat bahkan se Indonesia, kerap bergerombol. Terkadang hingga keluar areal wisata.

"Kalau hari Selasa memang pengunjungnya tidak terlalu banyak mas. Para pedagang juga sudah mengerti, jadi mereka banyak yang memilih libur," terang Asikin (30), salah seorang pemilik warung ikan bakar di sekitar areal parkir bendungan Ir H.Djuanda atau bendungan Jatiluhur.

Kondisi tersebut diakui Asikin memang berbeda. Sebab kalau hari-hari lainnya pengunjungnya bisa membludak. "Apalagi kalau sudah hari Sabtu dan Minggu, pengunjungnya lebih membludak," tambah pria yang mengaku beranak dua ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh Yasin, salah satu anggota pengelola parkir di lokasi wisata bendungan Jatiluhur. Kalau hari Selasa, akunya, pengunjung memang tidak terlalu banyak seperti hari-hari biasa. Itu, terangnya, karena hari Selasa kebanyakan orang-orang sedang mengawali kegiatannya. Sehingga mereka lebih sibuk dari biasanya.

"Sampai siang ini jumlah kendaraan yang datang barisekitar 10 kendaraan. Namun terkadang meski hari Selasa jumlahnya bisa lebih dari 15 kendaraan," tambah Yasin.

Para pengunjung yang datang tentu saja tidak berhenti sampai siang. Sebab, lokasi Wisata Bendungan jatiluhur terbuka hingga 24 jam. Tak heran, pemancing juga banyak yang datang pada malam hari. Bahkan beberapa memilih beristirahat di areal bendungan, sambil menunggu saat pagi.

"Tapi sebentar lagi, pengunjung akan lebih banyak karena menjelang Maulud Nabi. Biasanya para pengunjung yang datang pada bulan Maulud dan mendekati puasa pengunjung bisa lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya," ujarnya. (rif)


Mencari semua teman di Yahoo! Messenger?
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger dengan mudah sekarang!


0 komentar:

pengunjung