Kamis, 08 Juli 2010

BSM SD Tahun Ini Untuk 5.515



PURWAKARTA, RAKA - Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta tahun ini kembali akan menyalurkan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Kabupaten Purwakarta mendapat kuota BSM SD sebanyak 5.515 siswa.

Kepala Seksi Tentis dan Kelembagaan Disdikpora Kabupaten Purwakarta, A Akhmadi S, mengatakan, besarnya BSM SD yang dikeluarkan itu masing-masing digulirkan kepada siswa sebesar Rp 360.000. Nantinya, beasiswa tersebut dikirimkan lewat pos langsung kepada siswa yang bersangkutan dan dipergunakan untuk biaya personal, seperti pembelian baju seragam, alat tulis, buku, atau transportasi.

"Pencairannya sendiri diberikan langsung melalui rekening masing-masing sekolah, selanjutnya pihak sekolah mencairkannya untuk didistribusikan langsung ke siswa,"kata Akhmadi, ketika dihubungi kemarin.

Ditambahkannya, kuota BSM yang dibagi oleh provinsi tersebut ke setiap kabupaten/kota jumlahnya tidak sama. "Kuotanya disesuaikan dengan jumlah penduduk dan siswa di masing-masing kabupaten/kota. Seperti, kuota BSM siswa SD di Kota Purwakarta tidak akan sama dengan kuota BSM siswa SD di Kabupaten karawang atau Kabupaten subang," katanya.

Sementara, lanjut dia, untuk pengajuan siswa yang berhak mendapat BSM Disdik kabupaten/kota menyatakan hal itu pun disosialisasikan ke kantor cabang dinas di kecamatan atau UPTD, dan selanjutnya UPTD mensosialisasikan ke sekolah. Sehingga pihak sekolah dapat segera mengajukan siswa yang berhak mendapat BSM.

"Siswa yang berhak mendapat BSM adalah siswa miskin dengan keterangan surat keterangan miskin dari pemerintah desa dan kecamatan,"ujarnya seraya mengatakan peruntukan BSM hanya berlaku untuk siswa yang duduk di kelas 2 sampai 5.

Menyoal mengenai realisasai BSM pada tahun ini., Akmadi menyampaikan saat ini masih belum muncul jadwalnya di Kantor Pos Purwakarta. (rif)


0 komentar:

pengunjung