Minggu, 20 Desember 2009

Produksi Keramik Plered 6 juta Per Tahun



PURWAKARTA, RAKA -  Jumlah produksi keramik Plered Kabupaten Purwakarta mencapai 6 juta buah per tahun.  Jumlah ini mota bene merupakan barang produksi jenis kerajinan hias.

"Semuanya rata-rata merupakan barang aneka kerajinan hias, seperti berbentuk celengan, perkakas dapur, asbak rokok, vas bunga, mainan anak-anak, dan aksesori untuk rumah," kata Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Koperasi dan UKM Purwakarta, MD Arnom, kepada RAKA saat dihubungi, baru baru ini.

Menurut MD Arnom, jumlah hasil produksi kerajinan keramik tersebut dihasilkan dari sebanyak 286 unit usaha yang tersebar di seluruh wilayah Plered dengan serapan tenaga kerja sebanyak 1420 orang. "Jumlah produksi yang dihasilkan juga rata-rata dihasilkan dari pengrajin wilayah Plered dan sekitarnya dibantu pengelolaannya oleh UPTD Lang Keramik Plered Pemkab Purwakarta,"ujarnya.
 
Membantu pemasaran para pengrajin, tambah MD Arnom, pihak Dispreindag UKM dan Koperasi Kabupaten Purwakarta memberikan bantuan berupa teknologi tepat guna (TTG) di bidang informasi dan manajemen teknologi dibantu oleh pihak Kementrian Riset Pusat. Bantuan itu berupa seperangkat alat internet untuk memasarkan produk-produk unggulan para pengrajin.

" Bantuan tersebut digulirkan untuk kepentingan sentra keramik Plered dalam meningkatkan pemasaran dan penghasilan para pengrajin. Dimana, seperangkat alat TTG tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai wadah dalam mempromosikan atau memasarkan produk pengrajin keramik di Plered kepada konsumen,"tambah MD Arnom.

Menurutnya, dengan fasilitas yang bisa diakses langsung oleh para pengrajin itu, secara otomatis nilai tambah yang diterima para pengrajin dapat meningkat. Sebab, semua aspek baik pemasaran, promosi, hingga transaksi bakal dilakukan secara mandiri oleh para pengrajin sendiri.

"Selama ini pengrajin dalam memasarkan produknya tak lepas dari jasa perantara ataupun calo dan sebagainya, namun dengan perangkat web ini mereka (pengrajin) diharapkan bisa melakukan transaksi sendiri, artinya dalam pemasaran atau promosi pengrajin akan mendapatkan laba bersih dan tentu itu meningkatkan nilai tambah penghasilan mereka,"ucapnya.

Seperti diketahui, kerajinan keramik Plered sendiri sudah di kenal oleh beberapa negara di Eropa maupun Asia. Beberapa waktu lalu, Pemkab Purwakarta sendiri sudah melakukan promosi ke negara Jerman untuk meningkatkan minat terhadap kerajinan keramik Plered. (rif)


Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik.
Tambah lebih banyak teman ke Yahoo! Messenger sekarang!


0 komentar:

pengunjung