Minggu, 20 Desember 2009

Purwakarta Genjot Populasi Hewan



PURWAKARTA, RAKA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus bertekad menambah populasi ternak di daerahnya rata-rata lima persen per tahun. Hal itu untuk meningkatkan jumlah ternak yang saat ini tercatat sekitar 3.818.000 ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta Herri Herawan ketika dihubungi mengatakan untuk menambah jumlah populasi ternak ternak pihaknya terus mengupayakan peningkatkan angka kelahiran minimal 75 persen dari total populasi betina produktif yang ada di tangan masyarakat.

"Termasuk diantaranya hewan ternak milik pemerintah dan hasil kerjasama antara petani dengan instansi swasta (kelompok,red),"ujar Herri Herawan saat dihubungi, kemarin.

Dikatakannya, sekira 3 juta jumlah populasi ternak yang tercatat tahun ini antara lain terdiri dari hewan ternak sapi 20 ribu ekor, kerbau 28 ribu ekor, domba 600 ribu ekor, ayam ras 1, 7 juta ekor, ayam kampung 1, 4 juta ekor dan ikan sebanyak 70 ribu ton.

"Masing-masing jumlah itu akan diupayakan terus bertambah, sehingga bisa memacu penambahan angka kelahiran seperti yang diharapkan," katanya.

Menurutnya, angka kelahiran ternak di daerah Purwakarta tren per tahunnya cenderung meningkat. Meskidemikian, persentase kelahiran itu tentunya masih dipicu kiat dan beberapa strategi sehingga ada usaha untuk meningkatkannya dirata-rata 5 persen.

"Diantaranya mengoptimalkan pusat-pusat pembibitan ternak yang ada di daerah ini," imbuhnya.

Sebagai catatan, jika semua pusat pembibitan ternak itu bisa dioptimalkan, maka paling tidak setiap tahun ada penambahan populasi ternak sekitar 40 ribu ekor. (rif)





Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!


0 komentar:

pengunjung