Rabu, 24 Maret 2010

Mahasiswa PLP UPI Gelar Lomba Senam



PURWAKARTA, RAKA - Ratusan siswa dari 32 sekolah dasar (SD) dari Kecamatan Pondoksalam dan Pasawahan mengadu keterampilan senam di Kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Purwakarta, Rabu (24/3). Mereka berlomba untuk mendapatkan prestasi terbaik dalam ajang yang digelar mahasiswa UPI dalam tema perpisahan dengan lingkup pendidikan.

Ketua Pelaksana Lomba Senam tingkat SD se Kecamatan Pasawahan-Pondoksalam, Iqbal Fauzi Sumarna, ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan lomba senam tingkat SD tersebut merupakan rangkaian akhir Program Latihan Profesi (PLP) yang dilaksanakan mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) UPI Purwakarta, sejak 25 Januari s/d 20 Maret di dua kecamatan tersebut. "Perpisahan ini difokuskan pada pembimbingan belajar pendidikan jasmani yang aplikasinya kemudian dilombakan ditempat mahasiswa dengan melangsungkan lomba senam," kata Iqbal Fauzi sumarna sambil menyebut senam yang dilombakan itu terdiri senam SKJ 2008 dan dan senam suni.

Ditambahkan, rangkaian pelaksanaan latihan profesi yang dilangsungkan di Kecamatan Pondoksalam dan Pasawahan tersebut diikuti sebanyak 347 mahasiswa jurusan PGSD bagi pembekalan menjelang pelaksanaan skripsi. Kegiatan, tambah dia, dilakukan bekerjasama dengan Disdikpora Purwakarta dan Pemkab Purwakarta.  "Semua pendanaan kegiatan ini didapat langsung dari para mahasiswa. Kami berharap, dari hal ini pun selanjutnya bisa memberikan manfaat untuk  perkembangan dunia pendidikan di Kab.Purwakarta khususnya," katanya.

Koordinator PLP mahasiswa UPI Purwakarta, Bayu Supariatna, mengatakan serangkaian kegiatan mahasiswa tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan pemenuhan mata kuliah. Ia juga menyampaikan, dari pelaksanaan PLP tersehut sejatinya bisa menumbuhkan pencetak generasi bangsa yang memiliki potensi dan SDM yang mumpuni. "Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan PLP sendiri bisa menjadi bekal bagi mahasiswa sebelum terjun kekondisi sebenarnya, yang juga kemudian bisa dijadikan motivasi untuk pengembangan pola pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan," tutur Bayu.

Pengamatan, pelaksanaan lomba senam yang dilangsungkan siswa binaan dan bimbingan mahasiswa berjalan semarak dan antusias. Setiap kelompok peserta unjuk kebolehan didepan juri memperagakan berbagai gerak senam secara seragam dan harmonis. (rif)


Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!


0 komentar:

pengunjung