Kamis, 18 Maret 2010



TMA Air Waduk Jatiluhur Ancam Jebolkan Tanggul

PURWAKARTA, RAKA - Direktur Perum Jasa Tirta (PJT) II, Jatiluhur Purwakarta Djendam Gurusinga menyatakan PJT II sekarang ini telah melakukan antisipasi dengan membuka seluruh pintu air sehubungan dengan meningkatnya ketinggian air di waduk Jatiluhur terutama di area jendela pembuangan (Glory Morning) waduk yang sudah limpas melebihi batas normal 107 M. Pasalnya, jika ketinggian muka air di waduk Jatiluhur itu terus menampakkan ketinggian tidak menutupkemungkinan akan mencam jebolnya tanggul.

"TMA normal waduk Jatiluhur ini 107 meter, sedangkan sekarang ini ketinggian air waduk terutama di Glory Morning mencapai 107,88 M," kata Djendam Gurusinga saat dihubungi Wartawan, kemarin.  Menurutnya, semakin membesarnya pemasukan air waduk Jatiluhur karena adanya peningkatan pengiriman air dari waduk Cirata. Tinggi muka air (TMA) waduk Jatiluhur pun melebihi kapasitasnya. Kiriman air waduk Cirata ke waduk Jatiluhur
mencapai 500 m3 perdetik.

Oleh karenanya, Kata Djendam pihaknya pun kini terus melakukan  upaya pengeluaran air sebanyak mungkin menyusul TMA waduk Jatiluhur sudah melebihi kapasitas normal yaitu 107 M. Bahkan, jika TMA waduk semakin meninggi tanpa ada upaya pembuangan, maka tingkat keamanan waduk Jatiluhur akan semakin menurun.  Penurunan tingkat keamanan tersebut bisa mengarah kepada jebolnya bangunan tanggul waduk Jatiluhur tersebut. "Kalau penurunan tingkat keamanan berarti bisa menimbulkan konsekuensi yaitu bisa menjebolkan waduk tanggul Jatiluhur," jelasnya.

Ditambahkan Djendam, sebagai bentuk antisipasi dari pembuangan air yang ada di waduk Jatiluhur ini, PJT II pun sudah berkoordinasi dengan pengelola pintu air bendung Curug dan bendung Walahar untuk membukakan semua pintu airnya. "Sekarang ini pintu air di Curug yang berjumlah 7 pintu air dan di bendung Walahar sudah dibukakan semuanya agar TMA air dari waduk semakin turun," kata Djendam. (ton)



Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
Buat Pingbox terbaru Anda sekarang!


0 komentar:

pengunjung