Kamis, 07 Januari 2010

Gurdacil Maniis Minta Disdik Verifikasi Kembali Data Penerima Bantuan



PURWAKARTA, RAKA - Sejumlah guru daerah terpencil (Gurdacil) di Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta meminta pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purwakarta kembali melakukan pendataan dan verifikasi penerima bantuan GTT Gurdacil di wilayahnya. Itu dikemukakan lantaran pendataan dan verifikasi yang diserahkan pada tingkat UPTD diduga sarat nepotisme.
 
"Diduga sarat nepotisme sebab pendataan dan verifikasi yang dilakukan pihak UPTD belum tepat sasaran lantaran masih banyak guru daerah terpencil di Maniis malah tidak mendapatkan bantuan, tetapi dari hasil pendataan itu malahan para guru yang berada di wilayah kota Kecamatan Maniis yang mendapatkannya. Anehnya lagi, bantuan itu malah diserahkan pada beberapa sanak keluarga beberapa kepala sekolah yang mengajar di Kecamatan Maniis. Ini ironis itu sebabnya pendataan dan verifikasi di wilayah kami perlu dikaji kembali,"kata Dani Regiana, SPd Staf Pengajar GTT di SD Tegaldatar II Kecamatan Maniis, Purwakarta di Kantor Perwakilan Radar Karawang Purwakarta, kamis (7/1) kemarin.

Atas dasar itu pun, tambah Dani, rencananya pada (11/1) mendatang pihak perwakilan Gurdacil Maniis bakal melakukan cros cek langsung pada pihak UPTD untuk mempertanyakan pendataan dan verifikasi penerima bantuan yang dianggap belum sesuai itu. "Bila dalam pertemuan itu masih juga belum ditemukan solusi mengenai hal ini selanjutnya kami akan meminta pada Disdikpora secara langsung. Permintaan kami sederhana, yakni peruntukkan bantuan itu musti diberikan sesuai alokasinya yakni untuk para GTT Gurdacil bukan sebaliknya," katanya.

Diterangkan Dani, bantuan Gurdacil hasil verifikasi dan pendataan pihak UPTD yang dinilai tidak tepat sasaran itu seperti pada alokasi pemberian di SD Citamiang I, SD Cijati dan SD Citamiang III.

Sedangkan sejumlah Gurdacil seperti di SD II Tegaldatar dan SD II Gunungkarung yang masuk kategori daerah terpencil justru tidak mendapatkannya. "Di SD Tegaldatar II malahan tidak mengetahui kalau pihak UPTD melakukan pendataan untuk penerima bantuan. Ada apa ini? padahal mereka juga memiliki hak yang sama untuk menerima bantuan  tapi justru tidak diberitahukan pihak UPTD," sebut Dani.

Karenanya,  lanjut Dani, berkenaan dengan informasi akan di berikannya Surat Keputusan (SK) penerima bantuan per bulan untuk Gurdacul di Purwakarta pada 2010 ini sebesar Rp900 ribu mereka (Gurdacil) khususnya di wilayah Maniis meminta pihak Disdik untuk melakukan verifikasi langsung secara selektif tanpa harus menyerahkannya pada pihak UPTD. "Minimal dalam pendataan nanti ada pihak kabupaten yang diikutsertakan atau bisa juga dari pihak Gurdacil sendiri supaya dikemudian hari tidak timbul masalah yang lebih besar selain memberikan kesempatan untuk para Gurdacil untuk tahu," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purwakarta membantah jika bantuan untuk Gurdacil (guru daerah terpencil) di Kabupaten Purwakarta tahun 2009 nyasar. Disdikpora menyatakan pemberian setiap dana bantuan tersebut sudah digulirkan berdasarkan jumlah kuota dan verifikasi pada masing-masing UPTD setempat. Diterangkan, masing-masing UPTD tersebut antara lain UPTD SD/Mi Sukasari dengan jumlah kuota 19 penerima, UPTD SD/Mi Tegalwaru 5 penerima, UPTD SD/Mi Sukatani 5 penerima, dan UPTD SD/Mi Maniis dengan jumlah 19 orang penerima. Sedangkan bantuan untuk 3 orang Gurdacil lainnya diberikan sesuai dengan keputusan pihak porovinsi yang dipatenkan melalui SK Gubernur.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya hal negatif terkait pemberian bantuan pada proses selanjutnya atau 2010 ini, pihak Disdikpora kemudian melayangkan permohonan jumlah tambahan kuota penerima pada pihak Dinas Pendidikan Provinsi pada hari ini (kemarin, red). "Sudah kita layangkan permohonannya ke pihak provinsi mudah-mudahan saja ada tambahan,"kata Kepala Seksi Tentis dan Kelembagaan Disdikpora Purwakarta, A Akhmadi S sambil mengatakan kuota penerima hanya akan diberi sesuai persyaratan yakni pada guru yang memiliki pengabdian sesuai masa kerja minimal 4 tahun. (rif)


Bersenang-senang di Yahoo! Messenger dengan semua teman
Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!


0 komentar:

pengunjung