Selasa, 09 Maret 2010

Pemkab Terus Kampanyekan Bangun Efisiensi, Lingkungan Bersih, dan Hidup Sehat



 

PURWAKARTA, RAKA - Hampir setiap dua kali dalam sepekan, terkadang dengan rute dan lokasi berbeda, Pemkab Purwakarta melakukan kampanye membangun efisiensi,  lingkungan bersih, dan hidup sehat. Aktifitas itu seperti yang langsung diaplikasikan oleh pegawai dengan menggunakan sepeda memutari jalan-jalan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

    Dipimpin langsung Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, aktifitas rutin yang biasa dilakukan Selasa dan Jumat ini biasa diikuti ratusan pegawai dari semua golongan ditingkat pemkab sampai pemerintah desa. Bahkan, belakangan pemanfaatan sepeda juga  mulai dikampanyekan Pemkab Purwakarta ke kalangan pelajar.

    Seruan untuk bersepeda sebenarnya sudah sekitar setahun lebih diaplikasikan Pemkab Purwakarta. Aktifitas ini dirintis untuk tujuan membangun kesadaran secara kolektif bagi masyarakat termasuk pegawai untuk mengimplikasikan Kabupaten Purwakarta sebagai wilayah yang bersih, memiliki pola hidup sehat, dan memiliki iklim kinerja yang baik selain pemahaman pentingnya efisiensi.

    Dicontohkan, implikasi efisiensi atau penghematan dari pembangunan kesadaran dengan kampanye sepeda tersebut bisa dialamatkan seperti kepada tidak perlunya orang mengeluarkan biaya transportasi, sedangkan dari aspek kesehatan diarahkan terhadap kualitas/kecepatan kinerja pegawai dalam pelayanan masyarakat yang diwujudkan dalam sistemasi hidup sehat. Lainnya, terimplikasi dalam penciptaan lingkungan bersih, dimana dari aktifias bersepeda setiap orang bisa andil dalam menekan pencemaran lingkungan terlebih udara dan menjaga oksigen supaya tidak lagi terjejali karbon dari produksi mesin kendaraan.

    Seperti tertuang dalam data Humas Setda Pemkab Purwakarta SE-541.11/1011/Humas/08 untuk penghematan, langkah ini pun seolah sekaligus menegaskan bila Pemkab Purwakarta serius menjalankan salah satu programnya, yakni efisiensi. Di dalam surat tersebut diatur pula tentang penghematan energi lain semisal listrik, telepon dan air bersih. Sementara kesungguhan mengaplikasikan pola hidup sehat, dan peduli lingkungan
dituangkan langsung dalam sejumlah kegiatan, seperti bersepeda setiap Selasa dan Jumat.

    Pemkab Purwakarta mengisyaratkan implikasi penghematan ini muncul bila program berjalan lancar. Seperti pada anjuran menggunakan sepeda dihari tertentu secara rutin itu misalnya, pemkab dapat menghemat uang semisal dari penggunaan mencapai Rp 36 Juta setiap bulan dari sekira 170  mobil yang digunakan pejabat eselon II dan III. Belum lagi 500 sepeda motor yang dipakai pejabat eselon IV bila juga ikut dikandangkan.

Hitungan itu dihasilkan dari asumsi dalam satu bulan, kemudian bisa ditaksir berapa nominal anggaran yang bisa dipangkas bila hal tersebut dilakukan dalam setahun atau lima tahun. "Selain langkah penghematan implikasi bersepeda bermanfaat juga bagi kesehatan. Kalau produk baik pelayanan bisa berjalan cepat dan penghematan anggaran kemudian bisa dialokasikan terhadap sektor lain bagi pembangunan Purwakarta, belum lagi andil mengurangi pencemaran," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

    Dedi juga menyampaikan program pembangunan kesadaran tersebut saat ini mulai akan dikembangkan kepada anak-anak sekolah. Kampanye sepeda kepada kalangan pelajar itu dimaksudkan membina generasi muda sejak dini diantaranya dilakukan juga nbagi implikasi hidup secara sehat dengan menciptakan lingkungan bersih secara efisien. Dari bagian pembangunan itu, sambungnya, diharapkan pula berlanjut pada pembentukan
memahami kesadaran secara kolektif yang kemudian teraplikasi dalam keseharian pelajar menyambut hari depan.

    Bupati menyadari untuk keselarasan program tersebut tentunya aktifitas bagian beresepeda baik oleh pegawai, pelajar, termasuk masyarakat dalam konteks membangun kesadaran ini perlu difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga yang diharapkan dapat terealisasi seperti yang dicanangkan. Oleh karena itu, pemkab akan menggagas pembangunan cycle way (jalur sepeda dijalan raya), bila mana pembangunan infrastruktur di Purwakarta sudah rampung, jalan-jalan kota sudah mengalami pelebaran, dan terlaksananya penataan lokasi trotoar juga taman.

"Ini yang kemudian harus dilakukan lantaran implikasinya kuat. Hanya saja sampai sekarang hal ini belum terbangun karena iklim berkendaraan belum berlangsung tertib, kondisi jalan yang belum lebar sehingga membuat bersepeda pada hari ini masih tidak nyaman dan belum merubah cara pandang orang untuk bersepeda dalam keseharian bagi efisiensi, iklim kinerja, dan kesehatan dari lingkungan yang bersih,"ulas Bupati Dedi seraya mengatakan sebenarnya dari dulu bersepeda sudah merupakan bagian dari aktifitas kehidupan baik dari kalangan pegawai hingga anak-anak sekolah kendati hari ini tidak berlaku demikian karena adanya perubahan cara pandang dan sikap masyarakat.

    Oleh karena itu, menurut Dedi, pihaknya menegaskan tak henti-henti  membangun suatu kesadaran secara kolektif akan pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih. Seperti halnya, dalam mengajak para pejabat di lingkungan pemkab dan kalangan pelajar untuk bersepeda ria pada hari Selasa dan Jumat dalam setiap minggunya selain mengaplikasikan program Jumat bersih (Jumsih) hampir disetiap wilayah kab Purwakarta
dari tingkat kabupaten hingga desa. 

    Dibagian lain, demi mewujudkan lingkungan yang sehat, Bupati Dedi juga menggulirkan kebijakan berupa larangan parkir bagi kendaraan bermotor di depan kantor Setda/Bupati Purwakarta setiap hari Jumat. Kebijakan hari tanpa kendaraan bermotor di depan  kantor pemkab tersebut, merupakan salah satu upaya agar lingkungan di sekitar kantor pemkab terasa nyaman dan bersih. Sebelumnya Dedi juga telah mengeluarkan kebijakan yang tidak memperbolehkan kendaraan pegawai ataupun tamu masuk ke lingkungan kantor Setda/Bupati Purwakarta. Semua kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil milik pegawai atau tamu, harus parkir di jalan raya di depan kantor yang sudah disediakan tanpa harus berlalu lalang melewati lingkungan pemkab pada setiap Selasa dan Jumat.(rif)


Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)


0 komentar:

pengunjung