Rabu, 20 Januari 2010

ESDM Warning Bencana Longsor



PURWAKARTA, RAKA Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purwakarta mengingatkan agar masyarakat Purwakarta yang tinggal di daerah zona kerentanan gerakan tanah untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana longsor menyusul curah hujan yang beberapa pekan ini tinggi.

 

"Dari hasil mitigasi geologi terutama untuk wilayah selatan seperti Kecamatan Darangdan, Bojong, Maniis, Kiarapedes, Wanayasa. Sedangkat untuk wilayah Kecamatan Pondoksalam dan Pasawahan belum terlalu dikhawatirkan,"kata Kepala Dinas ESDM Purwakarta Tarsamana Setiawan melalui Pelaksana Seksi Geologi Iwan Ridwan (19/1) dikantornya.

 

Atas ancaman bencana itu, lanjut Iwan, pihak ESDM sementara ini sudah memberikan warning pada setiap daerah yang masuk zona keretakan tanah, diantaranya melalui rapat minggon. Meski demikian, Dinas ESDM menyatakan sampai hari kemarin belum satu daerah pun yang masuk peta gerakan tanah itu tertimpa bencana lantaran faktor hujan. 

 

"Alhamdulillah sampai hari ini belum dilaporkan ada kejadian, tapi kami cukup khawatir juga dengan kondisi cuaca saat ini sebab bisa berpotensi menimbulkan bencana,"kata Iwan.

 

Akan tetapi, Iwan menyebut dari kenyataan turunnya peristiwa bencana alam longsor sepanjang tiga tahun terakhir cukup memberikan nafas segar bila tahun ini wilayah Kabupaten Purwakarta tak bakal terimbas terlalu besar untuk perihal bencana alam.

 

"Sejak 2007 peristiwa bencana longsor terus turun hingga tercatat cuma 6 kejadian pada tahun lalu. Padahal tahun sebelumnya angka kejadian cukup besar (2007-30 kejadian dan 2008-15 kejadian). Begitupun untuk tahun ini, kami malahan berharap tak ada bencana sama sekali," harap Iwan. (rif)

 

 



Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik.
Tambah lebih banyak teman ke Yahoo! Messenger sekarang!


0 komentar:

pengunjung