Rabu, 20 Januari 2010

2012 Angka Ideal BOS Terpenuhi



 
PURWAKARTA, RAKA - Angka ideal dana partisipasi bantuan operasional siswa (BOS) jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Purwakarta dipastikan baru akan tercapai pada tahun 2012 mendatang. Saat ini, pencapaian angka ideal penerima dana BOS tersebut masih menyisakan sekira 15 persen dari angka target keseluruhan sebesar Rp 50 ribu (SD) dan Rp 75 ribu (SMP).

"Tahun ini juga diperkirakan akan ada kenaikan lagi untuk dana BOS di Purwakarta. Idealnya secara historis setiap tahun kenaikan itu mencapai besaran Rp 5 ribuan. Artinya, dari besaran jumlah penerima sekarang sebesar Rp 37 ribu (SD) dan Rp 60 ribu (SMP) akan ada kenaikan jumlah penerima yang mendekati pada pencapaian angka ideal sesuai intruksi pusat," kata Kabid TK/SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta, Akun Kurniadi, kepada RAKA akhir pekan kemarin.

Menurut Akun Kurniadi, dengan asumsi jumlah kenaikan angka penerima dana BOS setiap tahunnya itu otomatis pencapaian target angka ideal Rp 50 ribu (SD) dan Rp 75 ribu (SMP) sesuai yang distandarkan pihak pusat bakalan tinggal menyisakan waktu kurang dari tiga tahun. Dengan prediksi mendekatinya pencapaian dana BOS pada angka ideal tersebut, diharapkan dapat mengurangi beban orangtua murid atas tindakan indikasi pungutan-pungutan yang dilakukan oknum sekolah.
 
"Meski belum dilaporkan adanya tindakan seperti itu, namun kami berharap dana BOS yang sudah dialokasikan sejak awal (tahun 2005) diangka Rp 21 ribu (SD) dan Rp 39 ribu (SM) dari dana yang digulirkan lewat APBD I, APBD II, dan APBN dengan jumlah angka yang terus bergulir naik tiap tahunnya dapat menekan tindakan semisal pungutan. Selain itu, dana BoS yang terus mendekati angka ideal juga membuat waktu pencapaian target kami tinggal menyisakan sekira dua tahunan lagi," sebut Akun Kurniadi.

Menjawab pertanyaan, Akun menyebut, untuk jumlah penerima dan BOS pun setiap tahunnya bisa terus mengalami perubahan tergantung tingkat jumlah siswa masuk dan keluar di jenjang dasar dan menengah. Saat ini, lanjut dia, jumlah penerima dana BOS jenjang SD mencapai 116.000 siswa dan jenjang SMP sekitar 34.000 siswa. "Jumlah penerima bisa berubah set5iap tahunnya. Secara histori bila naik angkanya bisa mencapai sekira 500 sampai dengan 700 siswa," terang Kabid TK/SD Disdikpora Purwakarta.

Disinggung mengenai kepastian kenaikan dana BOS tahun ini, Akun Kurniadi masih belum menjelaskan lantaran pihak DIsdikpora sendiri belum mendapatkan kejeklasan informasi mengenai hal ini. "Sementara belum ada informasi. Tapi idealnya selalu naik," jelasnya.(rif)


Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!


0 komentar:

pengunjung