Rabu, 20 Januari 2010

Musim Hujan Disnakan Purwakarta Intensifkan Pengawasan Ternak



PURWAKARTA, RAKA - Pada musim hujan saat ini ternak ayam dan ternak kerbau maupun sapi rawan terserang penyakit seperti kembung (sapi/kambing) dan tetelo (ayam) akibat kedinginan terutama bagi ternak yang digembalakan secara liar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta Heri Herawan mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pengawasan guna mencegah kematian ternak akibat musim hujan. "Musim hujan yang terjadi sekarang ini  , bisa berdampak menimbulkan termasuk pada sentra ternak terutama pada hewan ternak yang digembalakan secara liar," katanya Rabu (19/1).

Menurutnya, meskipun sampai saat ini belum dilaporkan terjadinya wabah penyakit yang membahayakan, namun akibat musim hujan dan cuaca dingin bisa berpotensi menyebabkan ternak terserang penyakit dan bila dibiarkan bisa menimbulkan kematian. Dinas Peternakan juga menghadapi musim ini tetap meningkatkan pengawasan berbagai penyakit antara lain memperketat pengawasan arus lalu litas ternak dari luar maupun dalam daerah.

"Arus lalu lintas perdagangan ternak itu tetap diawasi untuk mengantisipasi adanya penyakit yang membahayakan yang dapat mewabah atau berdampak buruk pada ternak atau pada orang yang mengkonsumsinya,"sebut Kadisnakan.

Purwakarta saat ini mendapat pasokan ternak dari Jawa Timur, Jawa Barat dan   Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ditambahkan dia, selain penyakit kembung dan tetelo yang tetap menjadi perhatian serius Dinas Peternakan yakni penyakit flu burung, kendati kasusnya kian berkurang, namun pada musim hujan wabahnya bisa mudah menular.

"Flu burung merupakan bahaya laten yang harus tetap diwaspadai, semua pihak teruma peternak dan petugas medis hewan kita intensifkan tetap memonitor dan mengawasi perkembangan ternak dilapangan,"katanya.

Kadisnakan juga menyampaikan musim hujan ancaman terhadap berbagai penyakit menular rentan terjadi, dan salah satunya dibawa hembusan udara selain perhatian kebersihan lingkungan ternak yang minim.(rif)


Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)


0 komentar:

pengunjung