Kamis, 04 Maret 2010

Vasektomi Alternatif Kontrasepsi KB Aman dan Nyaman



PURWAKARTA, RAKA - Program keluarga berencana (KB) sudah lama dicanangkan oleh pemerintah. Tujuannya untuk menciptakan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. Berbagai pilihan alat kontrasepsi ditawarkan kepada masyarakat. Dari mulai pil, suntik, hingga spiral (IUD). Ada jenis kontrasepsi lain, yaitu vasektomi untuk pria dan tubektomi untuk wanita.

Bekerjasama dengan BKKBN provinsi Jawa Barat, Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKB-PIA) Purwakarta, Kamis (4/3) kemarin melangsungkan kegiatan pelayanan terpusat kontrasepsi mantap (vasektomi dan tubektomi) di Rumah Sakit Gunung Putri Purwakarta. Sebanyak 123 peserta terdaftar seluruh kab Purwakarta ditindak oleh tim medis untuk melangsungkan vasektomi dan tubektomi.

"Dari kegiatan ini 75 orang ditindak vasektomi dan 5 orang ditindak vasektomi dari seluruh peserta terdaftar awal sebanyak 123 peserta dengan rata-rata usia peserta antara 35 s/d 45 tahun," kata Kepala Bidang KB BKB-PIA Purwakarta, Asep Kusmayadi, kepada RAKA disela-sela kegiatan.

Pelayanan tindakan BPK-PIA tersebut dilangsungkan secara cuma-cuma lantaran dibiayai oleh APBN. Sampai kemarin, tambah Asep, pihaknya mencatat sebanyak 1.848 warga Purwakarta telah mengikuti kontrasepsi jenis vasektomi atau sekitar 2, 2 persen dari keseluruhan penduduk di kab Purwakarta. Sementara, untuk kontrasepsi tubektomi masih diinventarisir.

Asep juga menyampiakan, BKB-PIA akan terus menggalakan pergerakan KB sesuai program pemerintah pusat dengan pola penteladanan yang dikoordinasikan melalui petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) dan Pos KB desa.

Ketua Paguyuban Vasektomi Kab Purwakarta, Suherman, menjelaskan program pencanangan KB sedianya dilangsungkan untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera selain menekan angka pertumbuhan penduduk seperti yang diprogramkan pemerintah secara nasioanal.
"Selama ini yang diketahui bahwa  yang berhubungan dengan KB adalah perempuan. Tapi terkadang kaum perempuan berhalangan dalam menggunakan alat kontrasepsi. Maka dengan vasektomi merupakan altrnatif teraman dan nyaman dalam pelayanan KB. Sebab, dengan vasektomi merupakan kepesertaan pria dalam mendukung program KB agar terwujut kesehatan, dan kesejahteraan di tengah-tengah keluarga," sebutnya seraya mengatakan vasektomi tidak menjadikan pria loyo, atau rendah diri, justru semakin menambah keperkasaan, dan menjadikan keluarga harmonis.

Sebagai catatan, tubektomi diketahui sebagai pengikatan / pemotongan tuba falopii kiri dan kanan pada wanita untuk mencegah transport ovum dari ovarium melalui tuba ke arah uterus. Sedangkan vasektomi adalah pengikatan / pemotongan vas deferens kiri dan kanan pad pria untuk mencegah transport spermatozoa dari testis melalui vasa ke arah uretra. Dilakukan dengan cara operasi, dapat dengan operasi kecil (minor surgery). Dilakukan dengan cara operasi (laparotomi / laparoskopi), dengan berbagai metode. (rif)


Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!


0 komentar:

pengunjung