Kamis, 04 Maret 2010

Target Pertumbuhan Ekonomi 2010 Purwakarta 4, 0 Persen



PURWAKARTA, RAKA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta memproyeksikan asumsi pertumbuhan ekonomi menjadi 4, 0 persen pada 2010. Angka tersebut optimis dapat dicapai asalkan sepanjang tahun ini angka inflasi di Kabupaten Purwakarta dapat ditekan dan kemampuan investasi mengingkat.

Demikian disampaikan Kabag Ekonomi Setda Pemkab Purwakarta, Abad Hasyim, kepada Radar Purwakarta Rabu (3/3) kemarin. Menurutnya, untuk ketercapaian angka proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut salah satu yang menjadi syarat adalah meningkatkan pertumbuhan investasi selain menekan angka inflasi.

Sampai tahun 2008, lanjutnya, Purwakarta sudah berhasil meningkatkan laju pertumuhan ekonomi sebesar 0,70 atau menjadi 3, 85 persen (2008) dari 3,15 persen (2009).  "Kita optimis angka 4,0 persen untuk pertumbuhan ekonomi 2010 bisa tercapai," kata Abad Hasyim.

Abad menjelaskan, analisis yang diambil dalam mengukur pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi beberapa sektor, terdiri sektor industri pengolahan, sektor pertanian-peternakan-kehutanan-perikanan, dan sektor jasa. "Sektor-sektor tersebut yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, seperti pada 2007-2008 saja tercatat kontribusi dari sektor industri pengolahan sebesar 7,67 persen, sektor pertanian- peternakan-kehutanan-perikanan sebesar 1,10 persen, sektor jasa sebesar 1,81 persen dan sektor lainnya mencapai dibawah 1,0 persen," jelasnya.

Abad Hasyim menambahkan dari peningkatan laju pertumbuhan ekonomi tersebut kemudian mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) di Purwakarta, sehingga diyakini kemampuan masyarakat untuk mendapatkan akses pendapatan, pendidikan, dan kesehatan bermuara pada meningkatnya kualitas sumber daya masyarakat SDM.  "Dari pertumbuhan ekonomi tersebut kemudian berpengaruh pada angka IPM di Purwakarta," katanya.

Sebagai catatan, IPM sendiri menjadi indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat di suatu daerah. IPM juga digunakan sebagai indikator kinerja daerah khususnya dalam hal evaluasi proses pembangunan SDM. Namun begitu, faktor fluktuasi harga pada sejumlah komoditi hasil pertanian,peternakan-kehutananperikanan tetap bisa berimbas kepada penurunan pertumbuhan ekonomi. (rif)


Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!


0 komentar:

pengunjung