Kamis, 03 Desember 2009



Drs Zainurrijal
 
Dana Bagus Di Gelontorkan

PURWAKATA, RAKA - Dana bantuan gubernur untuk siswa (Bagus) pada 179 siswa tidak mampu jenjang SMA/SMK/MA di Kabupaten Purwakarta dipastikan terealisasi. Besaran jumlah bantuan tersebut tercatat sebesar Rp139.620.000.

Kepala Bidang Dikmen Disdikpora Purwakarta, Zainurrijal, kepada RAKA, Kamis (3/12), saat dihubungi mengatakan proses administrasi bantuan ajuan Bagus dari Purwakarta sudah rampung diselesaikan pihak provinsi. Selanjutnya, para siswa penerima di masing-masing sekolah tinggal melakukan sejumlah teknis prosedur untuk dapat menerima bantuan tersebut.

" Setelah pihak provinsi merealisasikannya kini sejumlah siswa penerima sudah ada yang melakukan teknis penerimaan dana Bagus. Masing-masing akan mendapatkan sesuai hak mereka, yakni Rp780 ribu/ siswa," kata Zainurrijal.

Menurutnya, dalam rangka pemberian Bagus tersebut dalam melakukan pendataan pihak Disdikpora menyesuaikan dengan keputusan Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat No 442.5/17965-Dikmenti tentang pedoman pendataan, penyaluran dan pemanfaatan dana Bagus SMA/SMK/MA. Disebut, dari pendataan itu dana Bagus di Purwakarta dialokasikan untuk sebanyak 52 siswa SMA, 122 SMK, dan 5 siswa MA.  

" Ini merupakan bantuan biaya pendidikan bagi anak yang telah terdata melalui format keluarga tidak mampu sekolah menengah (FKTM-SMA/SMK/MA) yang diusulkan oleh kepala dinas pendidikan Purwakarta melalui daftar nominator sementara (DNS) calon penerima Bagus," terang Zainurrijal.

Ditambahkannya, pendataan diambil melalui beberapa kriteria meliputi memiliki nilai rata-rata semua mapel (mata pelajaran) minimal 6,5 dikelas IX, mengisi format keterangan tidak mampu, siswa berasal dari keluarga tidak mampu dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM),dan pada saat ditetapkan siswa calon penerima beasiswa dari sumber lain dibuktikan dengan surat keterangan dan kepala sekolah.
 
" Selanjutnya dana Bagus SMA/SMK/MA sesuai dengan pedoman program rintisan pendidikan 12 tahun peruntukkannya digunakan  membiayai 6 komponen pendidikan terdiri pakaian seragam sekolah, seragam olahraga, sepatu dan kaoskaki, buku dan alat tulis, tas sekolah dan transport," terangnya. (rif)


Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)


0 komentar:

pengunjung